FREEarticle

FREEarticle ADALAH MEDIA WARGA.
SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

  • Home
    Home This is where you can find all the blog posts throughout the site.
  • Categories
    Categories Displays a list of categories from this blog.
  • Tags
    Tags Displays a list of tags that have been used in the blog.
  • Login
    Login Login form

Pertimbangan Sebelum Menyediakan Mainan Anak Edukatif

Posted by on in FashionStyle Also view:
  • Font size: Larger Smaller
  • Hits: 485
  • Subscribe to this entry

Zaman sekarang memilihkan mainan anak para orangtua cenderung memilih mainan yang sifatnya edukatif. Sebab pemilihan mainan jenis ini akan memberikan manfaat besar bagi perkembangan dan pertumbuhan buah hati. Sekarang ini ada banyak sekali jenis mainan yang dijual di pasaran, beberapa sifatnya edukatif namun beberapa pun sebaliknya. Sebagai orangtua yang bijak dalam membelikan mainan bagi buah hati sudah tentu mengutamakan segi manfaatnya.

Mainan edukatif kerap menjadi pilihan utama, sebab membantu orangtua dalam mendukung perkembangan anak mereka. Meski kaya akan manfaat, nyatanya dalam membeli mainan edukatif Kita tidak bisa sekedar asal begitu saja. Beberapa pertimbangan berikut akan membantu memberikan mainan anak edukatif yang lebih kaya manfaat:

1. Cara memainkan yang sederhana,
Anak-anak usia masih belia sekitar 1-2 tahun akan membutuhkan mainan yang tidak terlalu menyita pikiran. Namun tetap mendidik meski cara memainkannya tergolong mudah dan sederhana, semisal membeli kertas gambar dengan crayon warna. Buah hati akan belajar menggerakkan organ motoriknya sembari kenal dengan aneka bentuk warna.

2. Mainan yang menarik perhatian anak,
Ajak anak juga untuk menentukan mainan mana yang bisa dibeli atau sebaliknya sehingga anak-anak lebih menyukainya. Sebab meski memilih mainan anak edukatif namun anak-anak kurang begitu menyukainya otomatis mereka tidak pernah menyentuhnya. Fungsi edukatifnya pun akan menguap begitu saja dan belum akan terasa manfaatnya sama sekali. Akan lebih bijak jika anak pun memiliki kesempatan menentukan mainan edukatif mana yang akan dimilikinya. Namun usahakan Anda mengajaknya ke area mainan yang semuanya edukatif. Sehingga tidak ada kemungkinan memilih mainan yang tidak mendidik sama sekali.

3. Mainan dari barang di sekitar Kita,
Ingin menyediakan mainan edukatif anak namun takut keliru dalam menentukan pilihan atau karena terbentur dana. Maka Kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada di dekat Kita selama barang tersebut aman dimainkan anak. Semua mainan dengan tekstur tertentu memberikan rangsangan indera peraba si kecil dan cocok untuk mereka. Kita bisa memanfaatkan sendok, tempat makan anak, kasur bayinya, dan lain sebagainya. Sehingga Kita memperkenalkan aneka bentuk barang dan nama-namanya dengan mudah agar anak kenal dengan lingkungan sekitarnya.

4. Aktif mendampingi si kecil bermain,
Semua mainan edukatif membutuhkan peran orangtua untuk memperkenalkan cara memainkan dan bagaimana manfaatnya dapat terasa, misalnya seperti mainan balok dari kayu, boneka lucu dan imut, flashcard dan lain sebagainya. Anak-anak membutuhkan dampingan ketika menghadapi mainan jenis ini dan membantu mendekatkan hubungan dengan mereka. Kedekatan dengan buah hati sejak masih kecil tentunya akan membuat mereka merasa ada sosok yang dekat. Kebanyakan anak-anak yang tumbuh dengan kedekatan bersama orangtuanya akan menjadi pribadi yang lebih baik dari berbagai aspek. Luangkan waktu untuk berbagi pengalaman memainkan mainan anak yang sudah dipilih agar manfaat edukatifnya maksimal.

Last modified on To give a rating, please REGISTER HERE !