VIDEO: Diskusi 'Raksasa' Internet Microsoft, Google, Facebook, DeTIKNas, dan Dubes Amerika Serikat

 @america
Dari kiri ke kanan; Ruben Hattari, Daniel Sepuvelda, Kristen Baur, Ilham Habibie, Teguh Prasetyo, Shinto Nugroho, Alvin Sheng Hui Tan, Pihak @America di @America Rabu, 29 July 2015. (Sumber foto: Harfiza/ FreeCybers.com)

FreeCybers.com - @America yang merupakan pusat kebudayaan Amerika Serikat di Indonesia mengadakan diskusi yang menghadirkan Duta Besar Amerika Serikat (Daniel Sepuvelda) dan beberapa perusahaan besar yaitu Google, Facebook, dan Microsoft, serta Dewan TIK Nasional (DeTIKNas) RI, Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A di kantornya di Pasific Place, Jakarta (29/07/15).
Di diskusi ini ada banyak data-data pemakaian Internet yang mungkin FreeCybers perlu saat buat tugas dan skripsi loh! Atau mungkin FreeCybers perlu datanya untuk ambil keputusan bisnis?.. silakan dilanjut baca dan tonton video di bawah ini :)

Dalam diskusi ini, Daniel Sepuvelda membahas soal rencana kerjasama antara negara super power tempatnya berasal dengan ASEAN Telsom untuk mengembangkan perekonomian yang berkesinambungan dengan ICT. Deputy Assistant Secretary, Bureau of Economic and Business Affairs US yang wajahnya mirip dengan Van Diesel pemain Fast Furious ini mengatakan pemerintah AS membuka kesempatan kerjasama TIK dengan semua negara dan perusahaan dalam pengembangan akses Internet terutama untuk daerah terpencil dan usaha kecil.

Sementara Ilham Habibie yang mewakili DeTIKNas menjelaskan soal projek pilot proyek percontohan broadband yang sedang mereka laksanakan sejak tahun 2014 hingga 2015 ini. Sebagai Dewan yang diangkat oleh Presiden, beliau juga diminta untuk meng-approve Berikut cuplikan video diskusi keduanya.

 

Diskusi dilanjutkan oleh perwakilan dari perusahaan-perusahaan ICT lainnya. Alvin Sheng Hui Tan mewakili media sosial pimpinan Mark Zuckerberg menjelaskan soal kemudahan masyarakat untuk mengakses Facebook dan beberapa website lainnya secara gratis dengan internet.org. Untuk sementara internet.org baru bisa diakses oleh pengguna provider Indosat, namun segera internet grartis ini akan didukung oleh provider lainnya, kita tunggu ya!

Perwakilan Google Indonesia, Shinto Nugroho, menjelaskan kegiatan GAPURA yang merupakan konferensi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah sukses dilaksanakan di kota Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Juga kegiatan Android Hack for Impact yang merupakan pengembangan untuk menciptakan aplikasi seluler dengan menggunakan Portal Data Indonesia untuk menyelesaikan tiga permasalah utama Jakarta: kesehatan, pendidikan, dan transportasi umum.

Ruben Hattari dari perusahaan Microsoft menjadi yang terakhir memberikan presentasinya. Dia mencontohkan projek TV White Space kerjasama dari Microsoft, lembaga swadaya masyarakat, pemerintah RI dan AS yang bisa memberi akses Internet ke daerah-daerah terpencil. Here it is.

Setelah diskusi selesai seperti biasa diadakan sesi tanya jawab. Kebanyakan dari penanya menujukan pertanyaannya kepada Bapak Ilham Habibie diantaranya seputar pilot project dari DeTIKNas dan seputar perkembangan ICT di Indonesia.

Semoga liputan ini bermanfaat buat para pembaca FreeCybers yaa terutama bagi yang sedang menjalani skripsi tentang ICT! :) 

(Editor: Ferlin Mogot)